×
About Us

Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB (HA SV IPB) terbentuk pada tahun 2014 dengan semangat kebermafaatan. HA SV IPB sebagai wadah silaturahmi seluruh alumni Program Keahlian atau Program Studi di Fapoltan IPB, Diploma IPB dan Sekolah Vokasi IPB.

More About Us

“Online Training Awareness FSSC 22000 Version 5, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) and Good Manufacturing Practice (GMP)”

Himpunan Mahasiswa Vokasi Pangan dan Gizi, Sekolah Vokasi, IPB University berkerjasama dengan Robere and Associates Indonesia gelar pelatihan manajamen sistem keamanan pangan. Acara ini merupakan salah satu program kerja Departemen Pendidikan dan Profesi dari Himpunan Mahasiswa Vokasi Pangan dan Gizi, Sekolah Vokasi IPB University untuk meningkatkan skill mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai manajemen keamanan pangan di industri makanan.

Pelatihan yang dilaksanakan pada Minggu, 29 Agustus 2021 ini diselenggarakan secara daring dengan materi yang diangkat yaitu FSSC 22000 Version 5, Hazard Analysis Critical Point (HACCP), dan Good Manufacturing Practice (GMP) yang dipandu langsung oleh seorang trainer dari Robere and Associates Indonesia yaitu Vera Anita.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. drh. Aryani S. Satyaningtijas, M.Sc. selaku kepala koordinator Komisi Disiplin Mahasiswa. “Kegiatan ini merupakan suatu karya dari anak – anak Himavopagi yang dapat menstimulasi atau meng-upgrade skill mengenai food safety management yang meliputi HACCP dan GMP. Pelatihan ini juga diikuti oleh beberapa peserta dari luar IPB sehingga diharapkan nantinya dapat membagi ilmu kepada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas.”,  tutur beliau dalam sambutannya.

Pelatihan ini diikuti oleh 76 peserta yang terdiri dari masyarakat umum serta mahasiswa dari IPB dan berbagai universitas lain. Selain itu, acara ini turut dihadiri oleh Dr. Ir. Rina Martini, M.Si. selaku koordinator program studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi dan Ani Nuraeni, S.Pd. selaku pembina Himavopagi yang hadir memenuhi undangan dalam kegiatan Pelatihan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.

Pelatihan berlangsung selama 8 jam yaitu dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore yang dengan break selama 1 jam pada pukul 12 siang. Kegiatan ini berlangsung dalam keadaan kondusif, menarik, dan sangat responsif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya mengenai materi yang disampaikan oleh trainer.

Sebelum acara berakhir, dilakukan pemberian kenang – kenangan dari pihak panitia kepada pihak Robere and Associates Indonesia. Selain itu diadakan juga pemberian doorprize kepada peserta yang beruntung sebagai apresiasi atas semangat dan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

Output dari digelarnya Pelatihan Sistem Manajemen Keamanan Pangan ini adalah mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai FSSC, HACCP, dan GMP di Industri Makanan sebagai bekal untuk diterapkan di dunia kerja nantinya.

– Hasna Syafira Abidin (Prodi Manajemen Jasa Makanan dan Gizi 56)