×
About Us

Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB (HA SV IPB) terbentuk pada tahun 2014 dengan semangat kebermafaatan. HA SV IPB sebagai wadah silaturahmi seluruh alumni Program Keahlian atau Program Studi di Fapoltan IPB, Diploma IPB dan Sekolah Vokasi IPB.

More About Us

PEDULI SESAMA UNTUK MEMBANTU KORBAN BANJIR BANDANG KABUPATEN SUKABUMI

Beberapa hari terakhir, Sukabumi Jawa Barat dituruni hujan berturut-turut hingga pada Senin 21 September 2020 Sukabumi dilanda banjir. Banjir bandang di Sukabumi diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan massa air di daerah hulu menjadi semakin besar dan menyebabkan meluapnya Sungai Cibojong menjadi faktor penyebab terjadinya banjir bandang. Kejadian banjir bandang ini menimpa 210 kepala keluarga, 431 jiwa mengungsi 234 rumah terdampak, dengan rincian 34 unit rumah rusak berat, 23 unit rumah rusak sedang, 177 unit rumah rusak ringan. Wilayah yang terdampak mencakup 3 kecamatan dimana satu kecamatan rata-rata memiliki 11 desa.

Akibat dari banjir bandang yang menerjang Kabupaten Sukabumi ini mengakibatkan dampak sosial, dampak ekonomi dan juga mengakibatkan kerusakan sarana dan prasarana. Dampak sosial yang diakibatkan banji bandang ini yaitu terdapat korban jiwa sebanyak 2 orang, 1 orang hilang dan 20 orang luka-luka, sedangkan dampak ekonomi perkebunan, sawah rusak, rumah masyarakat terendam banjir, dan sedangkan kerusakan sarana dan prasarana yaitu 8 unit jembatan terputus, masjid, jalan, raya, tiang listrik dan sebagainya.

Kepala Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat BEM SV IPB Siti Rahmi Awalia Azis menginisiasi untuk mengadakan kolaborasi tanggap bencana dengan menghubungi Kepala bidang sosial dan kemasyarakatan Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB Indra Kesuma serta BEM PSDKU SUKABUMI SV IPB untuk bersama-sama mengadakan open donasi untuk membantu korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi.

Open donasi telah dilakukan dari tanggal 25 – 30 September 2020, dari kolaborasi tanggap bencana ini berhasil mengumpulkan sebanyak Rp4.200.000, donasi disalurkan pada tanggal 8 Oktober 2020 kepada korban banjir di Kabupaten Sukabumi oleh perwakilan BEM PSDKU SUKABUMI SV IPB. Kepala Departemen Soskesmah BEM PSDKU SUKABUMI SV IPB Debi Elvian mengatakan bahwa “Bantuan ini diberikan secara langsung dalam bentuk uang yang dibagi kepada 14 kepala keluarga yang masih membutuhkan bantuan di Kecamatan Parungkuda dan Kecamatan Cidahu”.

Kegiatan kolaborasi tanggap bencana ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan, “Kami berharap dengan diadakannya kegiatan kolaborasi tanggap bencana ini, bisa  meningkatkan jiwa sosial kita untuk membantu sesama yang membutuhkan. Semoga melalui kolaborasi ini silaturahmi antara mahasiswa dengan alumni-alumni Sekolah Vokasi IPB” ujar Rahmi Kepala Departemen Sospemas BEM SV IPB.

Terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa SV IPB, alumni SV IPB dan sobat sosial yang telah berpartisipasi untuk membantu saudara-saudara kita di Kabupaten Sukabumi, serta kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penggalangan donasi ini.

-Regita Dwiasti (Staff Sospemas 2020).