×
About Us

Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB (HA SV IPB) terbentuk pada tahun 2014 dengan semangat kebermafaatan. HA SV IPB sebagai wadah silaturahmi seluruh alumni Program Keahlian atau Program Studi di Fapoltan IPB, Diploma IPB dan Sekolah Vokasi IPB.

More About Us

Tingkatkan Karir Lulusan, Career Development Center Alumni Sekolah Vokasi IPB University Membuka Ruang Konsultasi Karir

Sabtu (19/9) Career Development Center (CDC) Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB University secara perdana menyelenggarakan program ruang konsultasi karir secara virtual. Ruang konsultasi karir hadir untuk mendampingi para alumni untuk meraih karir yang diharapkan. Saat program ini dibuka, terlihat antusias alumni yang besar terutama para freshgraduate yang sedang mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni yang mendaftar hingga mencapai ratusan orang.

Chief Operating Officer, Rezha Afnan Ramdhani menyampaikan bahwa alumni sangat terbantu dengan adanya program ruang konsultasi karir ini, “teman-teman alumni yang telah melakukan konsultasi merasa dengan adanya ruang konsultasi karir, mampu membantu mereka dalam menyiapkan hal-hal terkait interview kerja, baik itu pembuatan cv, kiat-kiat menjawab pertanyaan pada saat interview, perbedaan interview hrd dan user, cara menjawab pertanyaan saat interview, serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan hal teknis selama proses interview”.

Irna Bontor Febyola, konselor CDC HA SV IPB Univeristy merasa senang dapat bergabung dalam program ruang konsultasi karir tersebut, “antusiasme peserta luarbiasa, saya senang karena bisa berbagi pengalaman dan memberikan masukan kepada peserta. Saya, semoga kelak program ini bisa terus berlanjut dan membantu banyak alumni SV IPB terutama para freshgraduate untuk menghadapi dunia karir” pungkasnya.

Mengawali hadirnya ruang konsultasi karir ini, 3 orang terpilih telah melangsungkan konsultasi karir bersama professional alumni. “Setelah mengikuti program ruang konsultasi karir yang diadakan oleh pihak CDC Sekolah Vokasi IPB, Saya selaku jobseeker merasa dengan adanya program ini membantu saya untuk bisa mempersiapkan lebih baik lagi terkait hal-hal yang menjadi perhatian pada tahap interview kerja seperti memperhatikan penampilan, melakukan riset sederhana mengenai profil perusahaan dan posisi yang kita inginkan, mempersiapkan jawaban sebaik mungkin dengan bahasa yang diplomatis, mampu meyakinkan bahwasanya kita cocok dan dapat berkontribusi dengan baik diperusahaan yang kita tuju. Adanya program ruang konsultasi karir ini juga membantu saya mengkoreksi dan melakukan revisi pada teknik interview kerja yang biasanya saya lakukan sehingga saya dapat mengetahui hal-hal yang menurut saya benar untuk dilakukan pada saat interview dulu yang sebaiknya tidak dilakukan. Walaupun tahap interview bukan menjadi faktor utama penentu kegagalan pada saat melamar pekerjaan, akan tetapi tahap interview bisa menjadi langkah awal kita untuk bisa berlanjut ketahap berikutnya dalam mendapatkan pekerjaan. Selain beberapa teknik yang sudah diberikan kepada saya doa juga menjadi indikator penting bagi kita untuk bisa diberikan kelancaran dalam meraihnya. Terimakasih kepada CDC SV IPB atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk konsultasi karir yang diberikan sungguh bermanfaat dan membantu saya menjadi lebih siap lagi dalam interview kerja” ungkap Indah Dewi Lestari salah satu alumni yang berkesempatan berkonsultasi melalui ruang konsultasi karir.

Ruang konsultasi karir akan selalu berimprovisasi untuk meningjatakan mutu layanan konsultasi agar manfaat program ini lebih dirasakan oleh alumni Sekolah Vokasi IPB Univeristy secara luas. Bagi alumni yang ingin menjadi bagian dari CDC sebagai konselor atau ingin mengkonsultasikan karirnya dapat mehububungi media center Himpunan Alumnni Sekolah Vokasi IPB University [ANF].