×
About Us

Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB (HA SV IPB) terbentuk pada tahun 2014 dengan semangat kebermafaatan. HA SV IPB sebagai wadah silaturahmi seluruh alumni Program Keahlian atau Program Studi di Fapoltan IPB, Diploma IPB dan Sekolah Vokasi IPB.

More About Us

Dosen IPB Mengabdi: Kolaborasi Dosen SV-IPB dan Departemen Manajeman Hutan Fakultas Kehutan dalam Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial

Dosen Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi dan Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan berkolaborasi melalukan pengabdian masyarakat untuk pengembangan usaha perhutanan sosial pada Jumat (14/8/2020) di LMDH Mandalagiri Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora. Kabupaten Garut dan Sabtu (15/8/2020) di tempat KKNT Mahasiswa IPB di Kelurahan Urug. Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Peserta yang hadir pada kegiatan ini yang dilaksanakan di Garut adalah para petani kopi yang ada di Desa Rancasalak, sementara itu di Tasikmalaya kegiatan ini diikuti oleh para wirausahawan termasuk wirausaha muda.


Narasumber yang memberikan materi adalah Medhanita Dewi Renanti, S.Kom, M.Kom menyampaikan terkait digital marketing, bagaimana proses membangun memelihara hubungan konsumen melalui aktivitas online untuk menghasilkan penjualan dan atau menangkap kebutuhan konsumen.
Dalam paparannya, narasumber lainnya Dr. Soni Trison, S.Hut, M.Si menyampaikan tentang pengembangan masyarakat di era milenial, dan Dr. Yulius Hero tentang pengembangan usaha perhutanan sosial. Selama ini metode pemasaran mereka rata-rata masih offline, belum banyak mencakup market nasional, dan masih sedikit yang melalukan ekspor. Di bidang Information Technology, mereka dibekali ilmu dan skill untuk memaksimalkan usaha mereka.


Target peserta kegiatan ini tidak hanya orang tua yang sudah melakukan usaha dari awal tetapi juga dihadiri oleh pemuda-pemudi, yang merupakan penerus usaha para orang tuanya. “Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan menarik yang membuat mereka bersemangat untuk meningkatkan usaha dan market. Harapan kegiatan ini, masyarakat dapat mengembangan usaha perhutanan sosial, tidak hanya diproses menjadi minuman (kopi) tapi juga dijadikan produk seperti masker.” ujarnya