×
About Us

Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB (HA SV IPB) terbentuk pada tahun 2014 dengan semangat kebermafaatan. HA SV IPB sebagai wadah silaturahmi seluruh alumni Program Keahlian atau Program Studi di Fapoltan IPB, Diploma IPB dan Sekolah Vokasi IPB.

More About Us

Dosen Mengabdi SV-IPB University: Pemanfaatan Tanaman Herbal di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Kegiatan Dosen Mengabdi LPPM IPB kembali dilaksanakan yang melibatkan sejumlah dosen yang berasal dari beberapa Program Studi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor. Kegiatan dilaksanakan di Desa Jampang, Parung, Kabupaten Bogor dengan mengusung tema Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Ternak dengan Pemanfaatan Tanaman Herbal di Era Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilaksanakan pada Selasa (18/8/2020) di Masjid Puskesmas Desa Jampang yang dihadiri 15 orang peserta.

Narasumber pertama Dr. drh Erni Sulistiawati, SP1, APVet, Dosen Paramedik Veteriner menyampaikan topik Pemilihan Produk Pangan Asal Hewani Untuk Peningkatan Daya Tahan Tubuh Di Era Kebiasaan Baru.
“Pemilihan produk pangan asal hewani yang baik akan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga bahkan meningkat. Pemanfaatan tanaman herbal juga dapat menjadi upaya memaksimalkan kualitas produk pangan asal hewani tersebut untuk dikonsumsi.” Ujarnya
Narasumber selanjutnya, Occy Bonanza, SP, MT Dosen Prodi Ekowisata menyampaikan. Topik Penataan Pekarangan Rumah sebagai Taman Tanaman Herbal. “Dengan adanya Informasi terkait bagaimana penataan pekarangan rumah ini, harapannya masyarakat Desa Jampang kedepannya jika taman tanaman herbal di pekarangan mereka sudah tertata baik dan indah, mereka ingin Desa Jampang bisa menjadi alternatif lokasi rekreasi atau wisata kesehatan tanaman herbal untuk wilayah kabupaten Bogor.” tuturnya.

Narumber lainnya, Mrr. Lukie Trianawati, STP, MSi Dosen Supervisor Jaminan Mutu Pangan memaparkan materi Potensi Lidah buaya sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). “Dengan kayanya kandungan nutrisi tersebut, lidah buaya mempunyai manfaat yang sangat banyak dan berpotensi untuk dikembangkan oleh masyarakat Desa Jampang, Parung, Bogor” pungkasnya.

Narasumber terakhir, Ir. Leni Lidya, MM, Dosen Manajemen Agribinis, menyampaikan topik Mengelola Keuangan dengan Menangkap Peluang di Era adaptasi Kebiasaan Baru. “Masyarakat harus dapat menghitung dan mencatat biaya yang dikeluarkan dengan memeriksa anggaran keuangan keluarga, mengelola prioritas kebutuhan, bijak saat berbelanja dan menyiapkan dana darurat.” Ucapnya.